Doa Masuk Kamar Mandi dan Keluar Kamar Mandi (Lengkap Adab dan Manfaat)

Mandi adalah kegiatan rutin bagi semua orang yang ada di dunia. Terutama bagi umat muslim, aktivitas mandi yang hukumnya sunnah bisa menjadi wajib. Dalam agama Islam, ada adab/tata cara masuk kamar mandi, yaitu membaca doa masuk kamar mandi dan keluar kamar mandi.


Kenapa harus membaca doa sebelum masuk kamar mandi? Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa setan akan mengikuti manusia kemana saja dia pergi. Apalagi masuk ke tempat yang tidak suci, seperti kamar mandi, jamban atau WC.

Dengan membaca doa maka setan dan jin kafir akan menjauh dan tidak mengganggu aktivitas Anda ketika sedang di kamar mandi. Maka dengan begitu, jangan pernah lupa untuk membaca doa masuk kamar mandi dan keluar dari kamar mandi.

Doa Masuk Kamar Mandi Sesuai Sunnah Rosul


Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan dan kotoran"

Doa Keluar Kamar Mandi Sesuai Sunnah Rosul


Artinya: "Dengan mengharap ampunan-Mu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari tubuhku dan yang telah menyejahterakan"

Adab Masuk Kamar Mandi dan Keluar Kamar Mandi

Setelah Anda sudah memahami doa masuk dan keluar kamar mandi, hendaknya Anda juga memahami adab ketika di dalam kamar mandi.

Sebagai umat muslim yang baik, pastinya memiliki sopan santun dan adab dalam berbagai hal di kegiatan sehari-hari. Berikut adalah adab ketika mau masuk dan keluar kamar mandi yang bisa Anda lakukan:
  • Membaca doa sebelum masuk kamar mandi seperti yang sudah dijelaskan diatas.
  • Ketika akan melangkah masuk kamar mandi, dahulukan terlebih dulu kaki kiri Anda.
  • Ketika berada didalam kamar mandi atau WC, gunakan alas kaki seperti sendal jepit atau lainnya.
  • Saat didalam kamar mandi atau WC, usahakan jangan bernyanyi atau berbicara keras.
  • Dilarang membawa ayat-ayat Al-Qur'an atau membaca ayat-ayat Al-Qur'an ketika sudah di dalam kamar mandi.
  • Tidak boleh menjawab salam dan mengucapkan salam dari dalam kamar mandi.
  • Ketika ingin keluar dari kamar mandi, dahulukan kaki kanan terlebih dahulu disertai membaca doa keluar kamar mandi seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Manfaat Membaca Doa Ketika Masuk Kamar Mandi

Ketika Anda ingin mandi atau juga buang air kecil, pastinya Anda akan membuka aurat atau bahkan melepaskan semua pakaian Anda. Dengan membaca doa masuk kamar mandi, aurat Anda tidak akan terlihat oleh setan dan jin kafir.

Selain itu, jika Anda berdoa maka akan terhindar dari perbuatan buruk selama di kamar mandi. Jika sebelum masuk kamar mandi sudah berdoa, maka insyaallah jika ada kejadian buruk dan sampai meninggal dunia maka dalam keadaan khusnul khotimah.

Manfaat Membaca Doa Ketika Keluar Kamar Mandi

Ketika Anda di dalam kamar mandi, selain mandi Anda juga mungkin melakukan buang air besar atau kecil. Hal ini bertujuan untuk membuang hajat yang berada di dalam tubuh agar terjaga kesehatan Anda.

Maka saat Anda keluar kamar mandi, dianjurkan untuk mengucapkan syukur kepada Allah SWT dengan cara membaca doa keluar kamar mandi. Sebagai ucapan syukur atas segala pemberian-Nya yang telah memberikan kesehatan, menghilangkan kotoran dan penyakit di dalam tubuh Anda.

Setelah Anda sudah tahu adab dan manfaat membaca doa masuk kamar mandi dan keluar kamar mandi. Silahkan Anda hafal, pahami dan jangan lupa untuk di praktekkan. Oh iya, usahakan jangan hanya membaca doa ketika masuk kamar mandi/keluar kamar mandi saja, karena umat muslim dianjurkan untuk berdoa setiap akan mengawali segala aktivitas. Semoga saja artikel singkat ini dapat berguna dan bermanfaat bagi pembaca, terimakasih sudah berkunjung.

Belum ada Komentar untuk "Doa Masuk Kamar Mandi dan Keluar Kamar Mandi (Lengkap Adab dan Manfaat)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel