Doa Hari Jum'at dan Waktu Mustajab Membacanya

Doa Hari Jum'at dan Waktu Mustajab Membacanya - Hari Jum'at adalah hari yang sangat mulia, selain menjadi hari raya sebagai umat Islam, hari jum'at juga memiliki keistimewaan. Beberapa diantaranya adalah doa dan wirid yang diajarkan oleh Rasulullah Saw untuk dibaca di hari jum'at.

Doa dan wirit tersebut diantaranya membaca surat Al-Kahfi, Surat Yasin dan beberapa doa tertentu. Selain membaca doa tersebut, ada satu doa yang telah dijanjikan Rasulullah Saw kepada para umatnya, jika doa ini dibaca di hari jum'at maka Allah SWT akan memasukkan ke dalam surga-Nya.

Doa Hari Jum'at

Doa ini terdapat di beberapa kitab hadist, diantaranya Al-Baihaqi dalam kitab Syuabul Iman dan juga As-Suyuthi dalam kitab Nurul Lum'ah Fi Khashaish Al-Jum'at. Bahkan As-Suyuthi telah mengategorikan doa ini dalam Khashaisul Jum'at (Keutamaan Hari Jum'at) yang ke 71.

Berikut Doanya:

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لا إِلَهَ إِلا أَنْتَ خَلَقْتَنِي ، وَأَنَا عَبْدُكَ وَابْنُ أَمَتِكَ ، وَفِي قَبْضَتِكَ ، وَناصِيَتِي بِيَدِكَ ، أَمْسَيْتُ عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوءُ بِنِعْمَتِكَ ، وَأَبُوءُ بِذَنْبِي ، فَاغْفِرْ لِي ذُنُوبِي إِنَّهُ لا يَغْفِرُ الذُّنُوبُ إِلا أَنْتَ

Artinya: "Ya Allah, Engkau Tuhanku, tiada Tuhan yang aku sembah selain Engkau yang telah menciptakanku, menciptakanku sebagai hambamu dan anak dari hamba sahayamu. Hidupku dalam genggaman-Mu, aku hidup atas janji dan ancaman-Mu, selama aku bisa, aku berlindung kepada-Mu dari kejelakan yang telah aku lakukan. Aku telah menyia-nyiakan nikmat-Mu, dan aku berbuat dosa. Maka ampunilah dosaku, sesungguhnya tidak ada yang bisa menghapus dosa selain Engkau."

Waktu Mustajab Membaca Doa Hari Jum'at


Berdasarkan beberapa hadist, ada 2 waktu mustajab untuk membaca doa di hari jum'at. Lalu kapan saja waktu yang tepat itu? Yuk simak penjelasannya dibawah ini:

1. Waktu Pertama

Yaitu pada saat antara duduknya imam sampai selesainya sholat jum'at. Dari Abu Burdah bin Abi Musa Al Asy'ari, ia berkata: "Abdullah Bin Umar bertanya kepadaku, ''Apakah engkau pernah mendengar ayahmu menyebut suatu hadist dari Rasulullah Saw mengenai waktu mustajabnya doa di hari jum'at?." Abu Burdah menjawab: ''Iya benar, aku pernah mendengar dari ayahku (Abu Musa)'', ia berkata: Rasulullah Saw bersabda: "Waktu tersebut adalah antara imam duduk ketika khutbah hingga imam menunaikan sholat jum'at." (HR. Muslim dan Abu Daud)

Riwayat lain dari waktu mustajab membaca doa di hari jum'at adalah dari Amr bin Auf al-Muzanni, Rasulullah Saw bersabda: "Sesungguhnya pada hari jum'at terdapat satu waktu, jika para hamba memohon kepada Allah SWT, pasti akan dikabulkan." Para sahabat bertanya, Ya Rasulullah, waktu kapankah itu? Beliau menjawab: "Ketika sholat dimulai hingga selesai sholat." (HR. Turmudzi dan Ibnu Majah)

2. Waktu Kedua

Kemudian waktu kedua adalah setelah Ashar. Abu Said al-Khudri dan Abu Hurairah, Rasulullah Saw bersabda: "Di hari jum'at terdapat suatu waktu, dimana jika ada seorang hamba muslim memanjatkan doa kepada Allah SWT bertepatan dengan waktu tersebut, Allah akan memberikan apa yang ia minta. Waktu tersebut adalah setelah ashar." (HR. Ahmad)

Dari Jabir bin Abdillah, bahwa Rasulullah Saw bersabda: "Pada hari jum'at, ada 12 jam diantaranya ada satu waktu, apabila ada hamba seorang muslim yang memohon kepada Allah SWT di waktu itu, niscaya akan Allah berikan. Carilah waktu tersebut di penghujung hari di waktu ashar." (HR. Abu Daud dan An-Nasai)

Demikianlah doa hari jum'at dan waktu mustajab membacanya. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat dan jangan pernah meninggalkan sholat jum'at. Selalu perbanyak doa dan usaha, karena semua doa-doamu akan dikabulkan jika Allah SWT telah menghendaki dan meridhoinya. Wallahu A'lam.

Belum ada Komentar untuk "Doa Hari Jum'at dan Waktu Mustajab Membacanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel