Penyebab yang menjadi Penghalang terkabulnya sebuah Doa

Sebagai umat muslim, Doa adalah ibadah yang tidak terikat waktu dapat kita lakukan kapanpun dan dimanapun. Semua orang pasti berharap supaya doa-doa kita dikabulkan oleh Allah SWT. Namun, perlu anda ketahui adab-adab dalam berdoa agar mudah dikabulkan. Diantaranya menjauhi semua larangan-Nya yang tergolong haram, baik itu makanan, pakaian dan sebagainya. Serta ikhlas dalam berdoa semata-mata karena Allah SWT.

Penyebab yang menjadi Penghalang terkabulnya sebuah Doa

وَقَالَرَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Artinya: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina dina". (QS. Ghafir : 60)

Berdasarkan ayat diatas, sesungguhnya tidak ada doa yang tidak dikabulkan oleh Allah SWT. Jika doa yang dipanjatkan belum juga terkabul, mungkin saja dia telah melakukan sesuatu yang menjadi penghalang terkabulnya doa.

Penghalang terkabulnya sebuah Doa

Selain kita memahami adab dalam berdoa, kita juga perlu tahu apa penyebab yang menjadi penghalang terkabulnya sebuah doa. Dibawah ini adalah hal-hal yang harus anda hindari dalam berdoa, agar doa-doa yang anda minta insya Allah akan dikabulkan oleh Tuhan yang Maha Esa.

1. Tidak yakin dalam Berdoa

Saat anda berdoa, berdoalah dengan sungguh-sungguh dan yakin akan dikabulkan Allah SWT. Ketahuilah bahwa Allah tidak akan mengabulkan doa dari hati yang lalai lagi main-main (H.R atTirmidzi, dishahihkan al-Hakim dan dihasankan al-Albany)

2. Harta berasal dari yang Haram

Nabi menceritakan keadaan seseorang yang melakukan safar panjang, rambutnya kusut, mukanya berdoa, mengangkat tangan ke langit dan berkata: Wahai Rabbku, Wahai Rabbku. Sedangkan makanannya haram. Minumannya haram. Pakaiannya haram. Diberi asupan gizi dari yang haram. Maka bagaimana bisa diterima doanya? (H.R Muslim)

3. Terburu-buru dalam Berdoa

Doa salah seorang dari kalian akan dikabulkan selama tidak terburu-buru dengan mengatakan: Aku telah berdoa tapi tidak dikabulkan. (H.R alBukhari dan Muslim dari Abu Hurairah)

4. Doa yang mengandung dosa/memutus silahturrahmi

Tidaklah seorang muslim berdoa dengan suatu doa yang tidak mengandung dosa/memutuskan silahturrahmi kecuali Allah akan beri 3 kemungkinan. (H.R alTirmidzi, Ahmad, dishahihkan oleh al-Hakim dan dinyatakan bahwa sanad-sanadnya baik "jayyid" oleh al-Bushiry)

5. Berkata Akhirat lebih baik dari Dunia

Mereka yang berkata akhirat itu lebih baik dari dunia. Tetapi mereka tidak bersungguh-sungguh mencarinya dan malah sibuk dengan dunia seakan-akan kekal didalamnya. Mereka pada dasarnya lebih memilih dunia dari pada akhirat.

Jika doa yang kita panjatkan tak kunjung terkabul, teruslah berdoa dalam keadaan ikhlas dan berserah diri kepada Allah SWT. Terpenting lagi, anda juga harus menghindari semua yang menjadi penghalang terkabulnya doa. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab yang menjadi Penghalang terkabulnya sebuah Doa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel