Niat Puasa Arafah dan Keutamaan Puasa Arafah

Niat dan Keutamaan Puasa Arafah - Puasa sunnah Arafah adalah puasa sunnah yang dikerjakan pada hari Arafah yaitu pada hari kesembilan bulan Dzulhijjah (9 Dzulhijjah). Untuk umat muslim, puasa Arafah sangat dianjurkan bagi orang-orang yang tidak menjalankan ibadah haji.

Waktu untuk menjalankan puasa Arafah bagi yang tidak menjalankan ibadah haji adalah bertepatan dengan waktu wukuf, jadi saat para jama'ah haji melakukan wukuf di Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah, pada saat itulah kita yang tidak menjalankan ibadah haji di sunnahkan untuk berpuasa Arafah. Adapun niat puasa Arafah adalah sebagai berikut:

Niat Puasa Arafah

Niat Puasa Arafah dan Keutamaan Puasa Arafah


نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَ


Nawaitu Shauma Arofata Sunnatan Lillaahi Ta'aalaa

Artinya: "Saya niat puasa Arafah karena Allah Ta'ala."

Hukum dan Larangan Menjalankan Puasa Arafah

Hukum menjalankan puasa sunnah Arafah adalah sunnah Muakkadah. Sedangkan untuk umat muslim yang sedang menjalankan ibadah haji tidak dianjurkan untuk mengerjakan puasa sunnah pada hari Arafah.

Berikut ini hadist yang melarang puasa sunnah Arafah bagi orang yang sedang menjalankan ibadah haji:

عَنْ عِكْرِمَةَ قَالَ دَخَلْتُ عَلَى أَبِى هُرَيْرَةَ فِى بَيْتِهِ فَسَأَلْتُهُ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ بِعَرَفَاتٍ فَقَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ نَهَى رَسُوْلُ اللهِ 
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ بِعَرَفَاتٍ

Artinya: Dari Ikrimah, beliau mengatakan. "Saya masuk ke rumah Abu Hurairah lalu bertanya tentang puasa hari Arafah bagi jama'ah haji yang sedang di Arafah." Lalu Abu Hurairah menjawab: "Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam melarang puasa hari Arafah di Arafah". (HR. Ibnu Majah dan Ahmad)

Keutamaan Mengerjakan Puasa Arafah

Puasa Sunnah Arafah mempunyai keutamaan yang lebih besar dibandingkan dengan puasa sunnah di bulan Dzulhijjah lainnya.

Rasulullah SAW Bersabda:

عَنْ اَبِى قَتَادَةَ اَنَّ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: صَوْمَ يَوْمَ عَرَفَةَ يُكَفِّرُ سَنَتَيْنِ مَاضِيَةً وَمُسْتَقْبِلَةً وَصَوْمُ يَوْمِ 
عَاشُوْرَاءَ يُكَفِّرُ سَنَةً مَاضِيَةً

Artinya: Dari Abu Qotadah, Rasulullah SAW Bersabda: "Puasa pada hari Arafah dapat menghapus dosa selama dua tahun, yaitu tahun yang berlalu dan tahun yang akan datang dan puasa pada hari Asyura menghapus dosa tahun lalu". (H.R jama'ah kecuali Bukhari dan Tirmidzi)

Berikut hadist lain mengenai keutamaan mengerjakan puasa Arafah:

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى 
اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

Artinya: Dari Abu Qotadah, Rasulullah SAW Bersabda: "Puasa Arafah dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu." (HR. Muslim)

Demikianlah lafadz niat dan keutamaan mengerjakan puasa Arafah. Mengingat begitu banyak keutamaan-keutamaan dari puasa Arafah, alangkah baiknya bagi kita yang tidak menjalankan ibadah haji untuk mengerjakan puasa sunnah Arafah. 

Belum ada Komentar untuk "Niat Puasa Arafah dan Keutamaan Puasa Arafah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel